Puspitek Serpong Berbenah Membangun Citra

Pengajar Graha Media School, Winarto, dalam Pelatihan Kehumasan di Puspitek Serpong, Banten

Selama dua hari, 15-16 Mei 2013, Puspitek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Serpong menggelar Pelatihan “Peranan Humas dalam Membangun Citra Organisasi” dengan mengundang para pengajar dari Graha Media School. Kegiatan yang berlangsung di komplek Puspitek, Tangerang Selatan (Serpong), Banten, ini sebagai upaya Puspitek meningkatkan kemampuan jajaran kehumasan Puspitek dalam membangun citra organisasi.

Asisten Deputi Jaringan Penyedia dengan Pengguna, Kementerian Riset dan Teknologi, Sri Setiawati, yang membuka pelatihan ini menegaskan pentingnya peran humas dalam sebuah organisasi. “Humas adalah ujung tombak bagi pembangunan citra organisasi,” ungkapnya.

Humas (public relation) harus bisa menyediakan berbagai informasi tentang organisasinya dengan pelayanan prima bagi masyarakat. Berkaitan dengan ini, Puspitek berencana membangun pusat layanan informasi bagi masyarakat yang berkunjung ke kawasan Puspitek dan para pemangku kepentingan (stakeholders) baik di dalam maupun luar negeri.

Potensi Besar Puspitek


Puspitek menempati kawasan seluas 660 hektar yang terbagi atas tiga area yaitu area laboratorium penelitian, industri dan pendidikan strata pasca sarjana. Sejauh ini yang sudah dikembangkan adalah area laboratorium. Di area ini telah beroperasi 35 laboratorium yang diawaki lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, BATAN dan Kementerian Lingkungan Hidup. Sekitar 3000 orang staf terlibat dalam kegiatan laboratorium ini dengan kualifikasi doktor, master, sarjana dan diploma tiga.

Sejauh ini Puspitek sangat berperan membantu pemerintah dalam pengembangan perekomian melalui penyediaan hasil-hasil riset di berbagai bidang Iptek.

Pengajar Graha Media School, R Mulia Nasution, dalam Pelatihan Kehumasan Puspitek Serpong

Potensi dan peran luar biasa Puspitek ini belum banyak diketahui masyarakat umum. Menjadi tugas humas untuk menyampaikan hal ini sehingga mampu mengangkat citra Puspitek sebagai pusat riset dan informasi tentang Iptek di tingkat nasional maupun internasional. Berkaitan dengan hal itu Pelatihan Kehumasan ini mempunyai makna penting.

Dalam pelatihan ini tiga orang pengajar dari Graha Media School, yaitu Winarto, Irfan Hassan, dan R Mulia Nasution menyampaikan materi antara lain “PR dan Pelayanan Prima”, “Membangun Citra Organisasi”, “Pembuatan Kampanye Program (PR Campaign)”, “Penulisan Kehumasan (PR Writing)” dan “Strategi Menghadapi Media (Handling Media)”. Juga secara khusus disampaikan materi tentang bagaimana mengelola website.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pelatihan Bulan Juli 2014

Pelatihan Corporate Journalism

BUKU BUKU MENARIK

The Art of Fact by Kevin Kerrane

True Stories: A Century of Literary Journalism by Norman Sims