Pelatihan Penulisan Artikel Staf Humas Batan

Sejumlah peserta Pelatihan Penulisan Artikel mengerjakan tugas yang diberikan instruktur dari Graha Media School

Era informasi meniscayakan kemampuan berwacana dengan baik melalui tulisan. Kemampuan menulis memberi manfaat luar biasa bagi kesuksesan membangun wacana publik. Karena melalui tulisan, sebuah gagasan bisa disebarluaskan guna mendapat tanggapan, sehingga semakin berkembang dan melahirkan gagasan-gagasan yang lebih sempurna.

Badan Tenaga Atom dan Nuklir Nasional (Batan) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengembangkan tenaga nuklir nasional pun merasa pentingnya membangun wacana publik melalui tulisan. Kepala Bidang Evaluasi dan Dokumentasi PDIN Batan, Dedy Miharja, mengungkapkan, selama ini masyarakat Indonesia umumnya kurang respek terhadap teknologi nuklir, karena informasi mengenai daya manfaat teknologi nuklir belum cukup tersebar luas. Padahal, tekonologi nuklir mempunyai manfaat luar biasa di berbagai bidang, seperti energi, kedokteran, dan pertanian.

“Masyarakat selama ini melihat teknologi nuklir dengan perasaan khawatir, karena mereka hanya memperoleh informasi yang negatif tentang nuklir,” ujar Deddy. Menyadari hal ini, PDIN Batan menggandeng  Graha Media School menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel dan Teknik Wawancara bagi para staf humas dan tenaga-tenaga Batan yang bertugas mengelola media penerbitan Batan. Tujuannya tak lain, agar para tenaga Batan mampu menulis dengan baik, untuk menyebarkan gagasan dan hasil-hasil penelitian di bidang nuklir yang bermanfaat bagi masyarakat. Penyebaran gagasan bisa dilakukan melalui berbagai media cetak dan online.

Pelatihan dilakukan  selama dua hari, 8-9 Oktober 2012 diselenggarakan di Wisma Batan, Cianjur, Jawa Barat, diikuti skeitar 50 peserta dari berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

PELATIHAN BULAN MEI 2017

BUKU BUKU MENARIK

The Art of Fact by Kevin Kerrane

True Stories: A Century of Literary Journalism by Norman Sims