Pelatihan Menulis Cerpen

Anda ingin menulis cerita? Tapi merasa sulit untuk memulai, merangkai kata-kata?  Padahal, Anda merasa punya bahan cerita menarik: mungkin tentang kisah hidup Anda sendiri, tentang masalah yang dihadapi teman dekat Anda, atau juga problem sosial di lingkungan Anda.

Bagi seorang pemula ada satu saran: mulailah menulis dengan hati. Biarkan seluruh perasaan Anda tercurah, mengalir, sehingga hati Anda mulai tenang. Sesudah itu, mulailah berpikir soal teknik: mengidentifikasi tokoh, menata alur atau plot, memilih bahasa dan cara bertutur.

Mengapa menulis cerita?  Menulis cerita adalah salah satu cara berkomunikasi. Pada dasarnya, setiap orang tidak cukup puas berkomunikasi dengan cara lisan. Ada kebutuhan mencatat dan menuliskan kisah-kisah.  Kebutuhan berkomuikasi dan mengekspresikan diri  inilah yang mendorong  seseorang untuk menulis. Apalagi  ketika ia menyadari,  kisah atau ceritanya perlu diketahui khalayak.

Menulis fiksi, khususnya cerita pendek (cerpen), butuh ketekunan untuk selalu mencoba, berlatih seperti pelari marathon. Apalagi bila Anda ingin menjadi pengarang cerita yang andal.

Selain disiplin berlatih, Anda mesti mengembangkan wawasan, imajinasi, kreativitas,  dan penguasaa bahasa.

Bagaimana kiat-kiat untuk memulai menulis cerita? Ikuti Pelatihan Penulisan Cerpen bersama cerpenis dan novelis dari Medan, Rahmat Mulia Nasution.  Mulia yang mantan jurnalis di media cetak dan televisi nasional ini, baru saja meluncurkan novelnya yang terbaru: Rahasia Tondi Ayahku.

Pelatihan Menulis Cerpen

Waktu        :    Kamis  20 Desember 2012, pukul 8.30-16.30

Tempat     :   Wisma Sejahtera Lt IV, 403 A, Jl. S Parman Kav 75, Slipi,

Jakarta Barat.

Fasilitas   :

-         Materi pelatihan (dlm bentuk flash disk)

-         Snack 2 kali

-         Makan siang 1 kali

-         Sertifikat

-         Konsultasi gratis pasca pelatihan

-         Jumlah Peserta Maksimal 12 orang

Biaya      :  Rp 500.000 per orang

Transfer biaya pendaftaran ke rekening berikut:
Bank Mandiri
No: Rek: 165-0000-3381-87
Atas Nama : PT Satria Jago Komunikasi.

Lakukan konfirmasi kepada panitia setelah melakukan transfer, dengan cara melalui SMS ke nomor 0812-993 8625 atau 08128712393, atau 08161308364

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pelatihan Bulan Juli 2014

Pelatihan Corporate Journalism

BUKU BUKU MENARIK

The Art of Fact by Kevin Kerrane

True Stories: A Century of Literary Journalism by Norman Sims