Pelatihan Jurnalistik

Mahasiswa Kedokteran UMJ Belajar Menulis Berita

Para peserta Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Kedokteran UMJ menyimak materi yang disampaikan staf Graha Media School Irfan Hasan.

Terdorong keinginan untuk bisa menerbitkan majalah yang berkualitas, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyah Jakara (UMJ) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi para anggotanya. Pelatihan yang diselenggarakan tanggal 24-26 September 2012 menghadirkan instrukur dari Graha Media School.

Pengurus HMPD UMJ, Ainun, menuturkan, sebenarnya HMPD UMJ sudah memiliki majalah yang menjadi media komunikasi antar anggota himpunan. Majalah Mediastinum itu hanya terbit dua kali selama dua tahun.

“Kendala kami dalam menerbitkan Mediastinum adalah kurangnya tenaga yang mengerti benar bagaimana menulis dan mengelola majalah,” ungkap Ainun terus terang. Karena itu, pelatihan jurnalistik kali ini diharapkan bisa menambah wawasan bagi para pengelola Mediastinum.

Selama tiga hari, di bawah instruktur dari Graha Media School, Irfan Hasan dan Winarto, sekitar duapuluh orang peserta berlatih menulis berita dan feature. Mereka juga mendapat materi tentang struktur organisasi dan mekanisme kerja redaksi, serta bagaimana merancang rubrikasi majalah.

Kedua staf Graha Media School mengungkapkan, keterampilan menulis tidak bisa diperoleh dengan mengikuti satu kali pelatihan. “Yang paling penting adalah praktik, berlatih, berlatih dan berlatih,” ungkap Irfan Hasan. Sehubungan dengan itu, Irfan Hasan menyampaikan komitmen Graha Media School untuk terus membantu para peserta pada  pasca pelatihan, sampai pada saat tertentu mereka benar-benar bisa menulis dengan baik.

 

2 Responses to Pelatihan Jurnalistik

  1. jamalludin faisal on December 1, 2012 at 10:33 pm

    saya perorangan,bisa tidak mengikuti palatihan belajar menulis berita dan feature…terima kasih

    • grahamed on December 1, 2012 at 11:56 pm

      Bisa, kami akan selenggarakan pelatihan penulisan beita dan feature pada minggu ke tiga bulan desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

PELATIHAN BULAN MEI 2017

BUKU BUKU MENARIK

The Art of Fact by Kevin Kerrane

True Stories: A Century of Literary Journalism by Norman Sims