Menulis Berita Itu Mudah

Workshop Penulisan Berita KPU Beacukai Tanjung Priok

 

Suasana workshop Penulisan Berita, Feature dan Press Release KPU Beacukai Tanjung Priok

“Menulis berita itu sebenarnya mudah dan sederhana. Rahasianya adalah adanya perencanaan liputan yang baik. Dengan perencanaan yang baik, reporter bisa melakukan peliputan secara efektif guna memperoleh informasi yang diperlukan. Bila informasi yang dibutuhkan sudah lengkap, penulisan pun bisa dilakukan dengan cepat,” demikian disampaikan Direktur Graha Media School  Winarto dalam workshop Penulisan Berita, Feature dan Press Release yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Utama (KPU) Beacukai Tanjung Priok, di Jakarta.

Workshop diikuti duapuluh lima orang peserta terdiri dari pegawai KPU Beacukai Tanjung Priok, khususnya dari bagian Kehumasan dan mereka yang terlibat dalam pengelolaan website dan penerbitan internal KPU Beacukai Tanjung Priok.

Selama dua hari, 21-22 November 2012,  trainer dari Graha Media School Winarto dan Irfan Hassan menyampaikan materi tentang penulisan berita berupa straight news dan feature, serta press release. Juga disinggung materi tentang foto jurnalistik yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pemberitaan.

Menguraikan pentingnya rencana peliputan, Winarto mengemukakan, dalam rencana peliputan lebih perlu ditetapkan angle berita. Angle berita yaitu sudut pandang terhadap suatu peristiwa yang akan diangkat sebagai berita. “Angle ini yang akan menuntun reporter di lapangan dan saat menulis laporan,” jelas mantan produser senior RCTI ini. Dengan setia pada angle, berita akan fokus dan jelas.

Penulisan Press Release

Workshop Penulisan Berita, Feature dan Press Release

Pada hari ke dua, Irfan Hasan menyampaikan materi tentang penulisan press release. Mantan redaktur majalah Warta Ekonomi dan Prospek ini  menuturkan pengalamannya sebagai seorang redaktur. Ia berupaya disiplin membaca press release  atau siaran pers yang sampai ke medianya agar paham perkembangan atau informasi yang disampai institusi atau sebuah lembaga.  “Realease bisa menjadi sumber data atau fakta untuk mendukung kelengkapan  berita,” kata Irfan, mantan Produser Senior RCTI.

Ia menyarankan, sebaiknya instansi membuat press release secara berkala agar media punya perhatian terhadap eksistensi instansi tersebut dan berbagai aktivitasnya yang mungkin dianggap menarik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

PELATIHAN BULAN MEI 2017

BUKU BUKU MENARIK

The Art of Fact by Kevin Kerrane

True Stories: A Century of Literary Journalism by Norman Sims